Upaya Peningkatan Penjualan, Mahasiswa KKN UNDIP Mengadakan Pelatihan Edukatif Teknik Copywriting bagi Pelaku UMKM Desa Ngaglik

 


digdayabook.com, Ngaglik, Senin, 29 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2023/2024, Triyanti Wahyuningsih dari program studi Sastra Indonesia mengadakan pelatihan bertajuk “Edukasi Teknik Copywriting untuk Memajukan UMKM.” Pelatihan ini merupakan bagian dari program kerja monodisiplin yang menyasar pelaku UMKM dan Karang Taruna Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

UMKM merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah yang merujuk pada jenis usaha perseorangan ataupun badan usaha. UMKM berperan penting dalam penciptaan lapangan kerja yang imbasnya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Namun, banyak pelaku UMKM Desa Ngaglik yang masih konvensional dalam mempromosikan produk yang dijual sehingga cakupan penjualannya belum meluas.

Para pelaku UMKM Desa Ngaglik seringkali merasa kebingungan dalam menentukan strategi agar produk yang dijual dapat dilirik oleh para calon pembeli. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya riset pasar, gagap teknologi, penulisan naskah iklan, dan lain sebagainya.

Banyak pelaku UMKM Desa Ngaglik yang belum mengerti cara penulisan iklan yang baik dan menarik. Bahkan, banyak pelaku UMKM Desa Ngaglik yang tidak mengiklankan produknya di media digital karena kurangnya kemampuan untuk menulis naskah yang menarik sehingga penjualannya kurang maksimal.

Pelatihan naskah iklan yang diadakan oleh Mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2023/2024 sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM Desa Ngaglik. Naskah iklan atau copywriting merupakan salah satu aspek penting dalam promosi periklanan sebuah produk. Naskah iklan yang menarik dan efektif dapat menggerakkan calon pembeli tertarik dengan produk yang dijual.

Pelatihan ini difokuskan pada cara menulis naskah iklan yang baik dan menarik agar dapat mempengaruhi khalayak ramai. Penulisan naskah iklan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan menarik serta struktur AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, and Action). Penulisan naskah iklan dapat diaplikasikan pada banner, promosi di media sosial, slogan produk, deskripsi produk, dan lain-lain.

Program pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penulisan iklan yang baik dan menarik kepada para pelaku UMKM dan Karang Taruna Desa Ngaglik agar dapat meningkatkan penjualan secara luas ke berbagai media digital.


Penulis: Triyanti Wahyuningsih

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar