Upaya Optimalisasi Lahan Kosong untuk Menunjang “Ketahanan Pangan” di Desa Gadingan, Kec. Mojolaban, Kab. Sukoharjo oleh Mahasiswa KKN UNDIP 2024

digdayabook.com, Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo (4/8/24) - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro atas nama Muhammad Yusuf Ferdianto dari Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian melakukan program kerjanya yaitu tentang Pemberdayaan dan Optimalisasi Ketahanan Pangan serta edukasi mengenai ketahanan pangan.

Ketahanan Pangan merupakan hal yang mengacu pada ketersediaan pangan yang cukup, baik dalam jumlah maupun kualitas, yang aman, beragam, bergizi, didistribusikan secara merata dan murah, serta produktif secara berkelanjutan. Program kerja ini dilakukan untuk mendukung pangan desa secara berkelanjutan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN melihat adanya peluang untuk membuat program kerja yang ditujukan untuk karang taruna Desa Gadingan dalam mendukung kesejahteraan pangan dan pendistribusian pangan di desa Gadingan.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara mensosialisasikan dan mendemonstrasikan mengenai penanaman tanaman pepaya, pembagian materi ketahanan pangan secara leaflet, dan demonstrasi langsung mengenai langkah teknik budidaya penyemaian pepaya.

  

Langkah pembuatannya sendiri terdiri dari beberapa tahap, yaitu diawali dengan persiapan alat dan bahan seperti benih pepaya california, polybag semai, dan media tanam. Setelah itu, dilakukan penyemaian benih dan edukasi mengenai olah lahan, pindah tanam, perawatan, pemanenan, dan pascapanen serta edukasi mengenai tanaman pangan untuk menunjang ketahanan pangan. Saat kegiatan diawali dengan mahasiswa terlebih dahulu menjelaskan terkait materi seputar krisis pangan yang akan terjadi, penerapan ketahanan pangan, dan tanaman pangan, alat dan bahan yang diperlukan, mendemonstrasikan cara penyemaian, perawatan seperti pemupukan, pengendalian OPT, hingga pemanenan.

Pemilihan tanaman pepaya karena adanya utusan dari Kepala Desa Gadingan yang saat ini, untuk ditanami di lahan kosong. Tanaman pepaya sendiri merupakan salah satu tanaman hortikultura yang ditujukan untuk mendukung ketahanan pangan dari daerah itu sendiri. Selain itu, tanaman pepaya memiliki kandungan yang dapat melancarkan pencernaan dan menyehatkan pencernaan. Daun pepaya dan bunga jantan pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat malaria dan penambah nafsu makan untuk anak kecil.

Dengan adanya program kerja pemberdayaan dan optimalisasi ketahanan pangan, diharapkan dapat menjadi terobosan bagi warga setempat dan karang taruna di Desa Gadingan untuk menyejahterakan ketahanan pangan dan upaya menyediakan ketersediaan pangan bagi Desa Gadingan serta menjadi hal yang keberlanjutan untuk dibudidayakan di Desa Gadingan.


Penulis: Muhammad Yusuf Ferdianto (Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro)

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar