Tingkatkan Potensi Tempat Wisata Lokal: Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Pemberdayaan dan Digitalisasi bagi Tempat Wisata Pengilon Edupark


digdayabook.com, Pengilon, Temanggung (07/08/2024) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berlokasi di Pengilon, Temanggung, melaksanakan salah satu program kerja multidisiplin yang berjudul “Pemberdayaan Tempat Wisata Pengilon Edupark dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi”. Program kerja tersebut merupakan program kerja kolaborasi dari seluruh anggota Tim KKN II UNDIP yang berada di Desa Pengilon, Kabupaten Temanggung, dengan sasaran tempat wisata lokal yang berada di Desa Pengilon, Pengilon Edupark.

Pengilon Edupark merupakan tempat wisata yang didirikan pada tahun 2022 dan berlokasi di Desa Pengilon, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Tempat wisata ini menyediakan kafe, kolam renang, penginapan, dan kebun kelengkeng dengan disuguhi pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro yang begitu indah. Namun, bukan hanya itu saja, tempat ini juga dapat dipakai untuk mengadakan suatu acara yang membutuhkan lahan luas. Oleh karena itu, tempat wisata ini dapat dikatakan berada pada wilayah yang strategis. Namun, menurut pemaparan pengelola Pengilon Edupark, dalam beberapa tahun terakhir pengunjung tempat wisata ini semakin menurun karena banyaknya kompetitor, kurangnya branding, serta digitalisasi yang belum optimal sehingga belum menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Oleh karena itu, dari permasalahan yang dialami oleh pengelola usaha, mahasiswa KKN Tim II UNDIP berupaya untuk memberikan pemberdayaan dan melakukan digitalisasi sebagai salah satu upaya untuk membantu mengembangkan potensi usaha yang belum dilakukan oleh pemilik usaha. Pemberdayaan dan digitalisasi ini mencakup pembuatan QRIS untuk mempermudah pembayaran, edukasi aplikasi pengelolaan keuangan, peramalan pendapatan untuk bulan berikutnya sehingga dapat menjadi gambaran untuk menganalisis bisnis lebih dalam, pembuatan Linktree usaha, kode QR untuk menu, serta pembuatan template untuk postingan dan story di Instagram.

Dalam pelaksanaannya, Tim II KKN UNDIP yang ada di Desa Pengilon menjelaskan apa yang telah dikerjakan kepada pengelola usaha, dan beliau terlihat antusias dalam mendengarkan penjelasan. Beliau berterima kasih dan berharap dengan adanya program kerja ini dapat bermanfaat secara berkelanjutan dalam membantu mengoptimalkan tempat wisata Pengilon Edupark.


Penulis: Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP)

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar