TIM II KKN UNDIP Mengajak Ibu-Ibu PKK untuk Memanfaatkan Daun Pandan, Ekstrak Jeruk, dan juga Tanaman Sereh sebagai Olahan Ramah Lingkungan yang Mudah Didapatkan dan Aman Digunakan untuk Sehari-hari


digdayabook.com, Desa Gadingan - TIM II KKN UNDIP 2024 di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, mensukseskan Program Kerja Monodisiplin Pengolahan dari Daun Pandan, Ekstrak Jeruk, dan Tanaman Sereh untuk Pembuatan Sabun Cuci Piring, Pembersih Lantai serta Spray Anti Nyamuk yang di mana semua olahannya bersifat ramah lingkungan dan mudah didapat. Program kerja ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dusun Jetis, Desa Gadingan, dengan rangkaian kegiatan berupa demonstrasi ataupun pelatihan dalam Pembuatan Sabun Cuci Piring, Pembersih Lantai, dan Spray Anti Nyamuk.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Virgin Cyntia Watania mahasiswi jurusan kimia angkatan 2021, Fakultas Sains dan Matematika.

Warga Desa Gadingan memiliki potensi untuk memanfaatkan Daun Pandan atas dasar sebagian besar warga menanam daun pandan dengan baik dan sangat terawat. Selain itu, dari penggunaan keseharian untuk memasak, warga Desa Gadingan dapat mengolah dari olahan jeruk nipis.

Setiap produk dari Program Kerja Monodisiplin ini memiliki kandungan yang berbeda-beda, untuk sabun cuci piring mengandung texapon yang berfungsi untuk mengangkat lemak atau kotoran dan memiliki sifat berbusa, natrium klorida (garam) sebagai pengental, sodium sulfat sebagai bentuk untuk mempercepat pengangkatan lemak, EDTA sebagai pengawet, dan foam booster (camperlan) sebagai pengangkat lemak membandel dan penambah busa.


Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan

Lalu, untuk produk selanjutnya yaitu Pembersih Lantai, hanya mengandung CH3COOH (cuka) sebagai bahan kimia yang berfungsi mengangkat lemak dan noda, kemudian sebagai tambahan pengharum digunakan tanaman seperti daun mint, daun rosemary, dan bisa juga menggunakan kulit buah jeruk. Dan produk yang terakhir yaitu pembuatan Spray Anti Nyamuk dari ekstrak tanaman sereh. Yang di mana tanaman sereh ini berfungsi untuk mengusir nyamuk karena mengandung zat-zat seperti geraniol, asam-asam organik, dan sitronelal. 


Pembuatan Pembersih Lantai & Spray Anti Nyamuk Ramah Lingkungan

Pelatihan ini disambut dengan antusias oleh Ibu-Ibu PKK Dusun Jetis. Tak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi merasa lebih percaya diri untuk dapat memproduksi produk-produk dengan bahan alami yang aman bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan masyarakat dapat memproduksi produk-produk ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha dan berpotensi meningkatkan ekonomi keluarga. Inovasi ini juga dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.


Penulis: Virgin Cyntia Watania (Mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika – Kimia)

Dosen Pembimbing: Farid Agushyban, S.km., DEA., Ph.D.

Muhamad Azhar, S.H., LL.M.

Maharani Patria Ratna, S.S., M.Hum.

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar