Peningkatan Kesadaran Berpolitik di Desa Ngrombo dalam Menghadapi Pilkada 2024

 


digdayabook.com, Ngrombo, Sukoharjo – Politik merupakan suatu kegiatan yang berhubungan erat dengan kendali pengambilan keputusan publik dalam kehidupan masyarakat tertentu di suatu wilayah. Dalam berpolitik masyarakat harus ikut berpartisipasi khususnya mendekati Pilkada 2024, yang di mana masyarakat harus ikut serta menggunakan hak suara mereka untuk kemajuan kabupaten Sukoharjo. Alasan pentingnya mengetahui politik adalah untuk aktif mengeluarkan pendapat, sudut pandang setiap orang berbeda-beda, dan saat berpolitik, pendapat yang beragam bisa menjadi perspektif baru buat kamu untuk menyelesaikan satu tantangan. Lalu, mendukung demokrasi yang sehat ketika masyarakat melek politik, mereka lebih mampu memahami dan berpartisipasi dalam proses demokrasi. Ini memastikan bahwa pemerintah mencerminkan kehendak rakyat dan kebijakan yang diambil sesuai dengan kepentingan publik. Menghindari manipulasi dan penyalahgunaan kekuasaan, masyarakat yang melek politik lebih sulit dimanipulasi oleh pihak-pihak yang ingin memanfaatkan ketidaktahuan rakyat. Mereka lebih kritis terhadap informasi yang diterima dan lebih waspada terhadap penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat publik. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengadakan Sosialisasi yang berjudul “Peningkatan Kesadaran Berpolitik di Desa Ngrombo dalam Menghadapi Pilkada 2024.”

Dalam kegiatan ini, Aldi memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Ngrombo mengenai konsep berpolitik, manfaat politik, lalu permasalahan yang ada dalam berpolitik, serta pencegahan permasalahan dalam berpolitik. Menuju pilkada 2024 masyarakat harus memilih pilihannya sesuai hati nurani mereka, karena terdapat satu permasalahan yang serius, yang biasa terjadi ketika kontestasi pilkada yaitu money politic. Permasalahan ini menjadi serius karena dapat mengubah pilihan masyarakat ketika diberikan uang, sehingga pilihannya tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

“Tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pencerdasan kepada masyarakat di Desa Ngrombo mengenai berpolitik dalam menghadapi pilkada 2024 dan pencegahan money politic.” Ujar Aldi

Selain menjelaskan konsep, Aldi juga memberikan pencegahan permasalahan politik agar masyarakat di Desa Ngrombo tidak salah dalam pengambilan keputusan, pencegahan misinformasi dengan cara Meningkatkan Literasi Politik dan Pendidikan, Mengembangkan Sikap Kritis terhadap Informasi, Partisipasi Aktif dalam Proses Demokrasi, Menghindari Politik Uang.

“Dengan begitu, masyarakat di Desa Ngrombo mereka akan dapat memilih sesuai dengan hati nurani mereka, dan tidak dilihat dari uang yang mereka dapatkan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.” Tambah Aldi.

Kegiatan ini yang diselenggarakan oleh Aldi, mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat di Desa Ngrombo dengan ikut serta dan mendengarkan sosialisasi secara langsung mengenai pintarnya berpolitik dalam menyambut Pilkada 2024. Maka dengan adanya program ini, Aldi berharap semoga masyarakat di Desa Ngrombo ikut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) dengan menggunakan hak pilih mereka dan menolak money politic, agar pilihan mereka sesuai dengan apa yang masyarakat di Desa Ngrombo harapkan.


Penulis: Aldi

Ed: Mimin Aya

Link Foto Google Drive: https://drive.google.com/drive/folders/1_R7DFnc3b9nPdPXlQeU_0losX6MAiyiB?usp=sharing

Posting Komentar