Membangun Pribadi Siap Memasuki Dunia Kerja melalui Workshop Pelatihan Pembuatan CV dan Tips Wawancara Kerja untuk Pemuda Desa


digdayabook.com, Desa Krobokan, Kec. Juwangi – Karir merupakan sebuah aspek penting dalam kehidupan sehingga orang-orang tentu ingin membangun karir sebaik mungkin agar sumber penghasilan mereka stabil dan pada akhirnya mampu memenuhi kebutuhan diri. Karir yang baik akan mampu mendorong seseorang memiliki pencapaian yang lebih tinggi dalam hidupnya.

Dunia kerja merupakan dunia yang bersifat kompetitif di mana apabila seseorang ingin terjun ke dunia kerja perlu memiliki persiapan yang baik dan matang agar karir yang ingin dibangun dapat diwujudkan. Penting untuk memahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja seperti penyusunan CV yang baik dan perlunya mempersiapkan diri untuk sesi wawancara saat melamar pekerjaan.

Hal-hal krusial dalam memasuki dunia kerja menjadi alasan yang mendorong mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) melangsungkan program kerja yang berjudul “Workshop Upgrading Skill Memasuki Dunia Kerja” pada hari Kamis (08/08/2024). Pelaksanaan program ini bertempat di salah satu rumah warga tepatnya di Dusun Boja, Desa Krobokan, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali dan dihadiri oleh anggota Karang Taruna Dusun Boja.

Alasan lain mengapa program ini menjadi program yang penting dilaksanakan di Desa Krobokan berasal dari keinginan pemuda di desa yang sebagian besar memiliki ambisi untuk mencari pekerjaan di luar kota. Persaingan yang ketat di dunia kerja terutama di perkotaan membuat program ini akan membantu mereka dalam mempersiapkan keterampilan yang dibutuhkan sebelum memasuki dunia kerja terutama dalam hal penyusunan CV yang profesional dan menjadi pribadi yang siap saat menghadapi sesi wawancara.

Dalam program ini, peserta diajak untuk memahami hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan saat ingin memasuki dunia kerja, penyusunan CV yang efektif, dan cara menghadapi sesi wawancara nantinya. Penjabaran materi juga disertai dengan contoh CV yang benar dan poin apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam CV.

Bagian kedua dari workshop ini berfokus pada tips dan strategi sukses dalam wawancara kerja. Para peserta belajar tentang pentingnya persiapan sebelum wawancara, cara berpakaian yang tepat, serta teknik menjawab pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pewawancara. Tidak hanya itu, tim KKN juga memberikan tips tentang bagaimana menunjukkan sikap profesional dan percaya diri selama wawancara, yang dapat meningkatkan peluang diterima bekerja.

Sebagai upaya agar program ini semakin optimal, tim KKN Desa Krobokan juga membekali para pemuda dengan modul berisi materi mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja. Modul ini dibagikan kepada para peserta yang mengikuti program ini. Modul ini dirancang agar materi yang didapatkan oleh peserta saat program berlangsung masih bisa diakses melalui modul ini.

Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa Krobokan terutama para pemuda yang masih memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan diri mereka terutama di dunia kerja dan membawa kebermanfaatan bagi desa.


Penulis: Mahasiswa KKN Desa Krobokan  

DPL: Ariya Jati, S.S., M.A  

Lokasi: Desa Krobokan, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali  

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar