Membangun Generasi Emas: Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Penyuluhan Stunting untuk Remaja Putri di Desa Traji

 


digdayabook.com - Desa Traji merupakan salah satu desa Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung. Salah satu desa di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung yang masih menghadapi tantangan stunting adalah Desa Traji. Desa Traji merupakan desa yang memiliki banyak potensi untuk berkembang, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Stunting merupakan masalah penting dan perlu dicegah dan ditangani secara khusus, terutama di Desa Traji. Pencegahan stunting yang baik yaitu dimulai ketika anak-anak sudah memasuki usia remaja, khususnya kepada remaja putri. Calon ibu yang mendapatkan pengetahuan stunting dan dapat mengaplikasikan langkah-langkah pencegahan stunting kemungkinan besar akan melahirkan anak-anak yang sehat dan terbebas dari stunting. Dengan demikian, upaya pencegahan stunting harus dilakukan sejak dini, bahkan sebelum memasuki masa subur.

Sebagai upaya peningkatan keberhasilan program pencegahan stunting, TIM II KKN Universitas Diponegoro 2024 mengadakan program “Makan Sehat, Tumbuh Kuat: Bye Stunting!” di Desa Traji. Program ini dilaksanakan di Balai Desa Traji dan diikuti oleh 36 remaja putri berusia 13-18 tahun pada tanggal 29 Juli 2024.

Program tersebut dilaksanakan dengan pendekatan yang menarik dan interaktif, menggabungkan berbagai metode seperti role play, presentasi materi, permainan, diskusi bersama, dan refleksi. Materi yang disampaikan di antaranya; bahaya pernikahan dini yang dapat memicu stunting pada anak, cara menjaga kesehatan reproduksi, serta pentingnya pemenuhan gizi bagi calon ibu.

Metode pembelajaran yang interaktif dan mudah dipahami membuat peserta sangat antusias dan memahami pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Tidak hanya aktif berpartisipasi, peserta juga menunjukkan peningkatan pemahaman mengenai pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Metode ini terbukti dapat menjadi salah satu kunci dalam mencapai tujuan program. Program ini juga bekerja sama dengan pihak posyandu desa sehingga dapat menjadi referensi jika nantinya akan dilaksanakan kegiatan serupa.

Upaya pencegahan stunting sejak usia remaja, terutama pada remaja putri, merupakan langkah yang strategis untuk generasi mendatang yang sehat. Program KKN UNDIP di Desa Traji membuktikan bahwa edukasi yang menarik dan melibatkan masyarakat dapat memberikan dampak positif dalam upaya mencegah stunting. Melalui program ini, antara mahasiswa, posyandu, dan masyarakat desa diharapkan dapat melakukan upaya pencegahan stunting yang berjalan secara efektif dan berkelanjutan.


Penulis: Tim KKN UNDIP  

Editor: Mimin Aya

Posting Komentar