Melayani Kebutuhan Warga Sepenuh Hati, Mahasiswa KKN UNDIP Menciptakan "Sudut Layanan Administrasi"


digdayabook.com, Temanggung, 1 Agustus 2024 – Dalam rangka mendukung peningkatan pelayanan publik di Desa Tegalrejo, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro berinovasi dengan menciptakan program “Sudut Layanan Administrasi”. Program ini dibuat untuk memudahkan warga desa dalam mengurus berbagai keperluan administrasi, sehingga pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien.  

Pelayanan administrasi yang lambat dan kurang terstruktur sering menjadi keluhan warga desa. Hal ini tidak hanya memengaruhi kepuasan warga tetapi juga menurunkan efisiensi pelayanan publik secara keseluruhan. Menyadari hal ini, mahasiswa KKN Undip melaksanakan program kerja “Sudut Layanan Administrasi” sebagai solusi untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengurus kebutuhan administratif, seperti pembuatan surat keterangan, pengurusan dokumen kependudukan, dan keperluan administratif lainnya.  

Program ini diinisiasi karena melihat tingginya kebutuhan warga akan layanan administrasi yang praktis dan cepat. Kemudian, berdasarkan kondisi yang ada di lapangan, ternyata masih banyak warga yang kesulitan mengurus dokumen karena proses yang rumit dan kurangnya informasi. Dengan adanya Sudut Layanan Administrasi ini, diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam menghadirkan pelayanan yang lebih terstruktur dan ramah warga.

Berikut beberapa kegiatan utama dalam program ini, yaitu mahasiswa mendirikan sudut pelayanan khusus yang siap membantu warga dalam proses pengurusan surat-menyurat dan dokumen lainnya dengan menyediakan stand banner yang memuat informasi alur pelayanan administrasi di Desa Tegalrejo serta menyediakan scan QR code yang dapat diakses secara online melalui website.  

Meski program ini berjalan dengan baik, masih ada tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya pemahaman warga tentang pentingnya administrasi yang tertib. Oleh karena itu, mahasiswa KKN berharap program ini dapat terus dilanjutkan oleh perangkat desa dan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain.  

Program “Sudut Layanan Administrasi” yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN Undip ini membuktikan bahwa inovasi sederhana dapat memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat desa. Dengan pelayanan yang lebih terstruktur dan efisien, diharapkan warga Desa Tegalrejo dapat merasakan manfaat dari kemudahan akses administrasi yang lebih baik, serta mendorong terciptanya pelayanan publik yang lebih optimal dan berkelanjutan.


Penulis: Diva Kartika Fitriani, Ilmu Pemerintahan  

DPL: Dr. Ing. Sudarno, ST, MSc  

Lokasi KKN: Desa Tegalrejo, Kec. Bulu, Kab. Temanggung

Editor: Mimin Aya 

Posting Komentar