Mahasiwa KKN UNDIP Memberikan Edukasi terkait Tips Menjadi Pemilih yang Cerdas dalam Pilkada 2024 kepada Masyarakat Di Desa Bawak Kabupaten Klaten

 


digdayabook.com, Klaten, 30 Juli 2024 - Pilkada atau Pemilihan Umum Kepala Daerah merupakan agenda pemilihan yang akan diadakan secara serentak di Indonesia pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih pemimpin daerah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Di Kabupaten Klaten, pemilihan ini mencakup pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Menjelang Pilkada di bulan November tahun ini, banyak pemilih yang belum mengetahui esensi dari Pemilu sehingga perlu diberikan edukasi mengenai Pilkada bagi masyarakat yang ada. Adapun dampak dari edukasi mengenai “Tips Menjadi Pemilih yang Cerdas dalam Pilkada 2024” adalah agar masyarakat dapat memahami hak pilih mereka masing-masing, mengetahui bahwa suara mereka dapat membawa perubahan, memilih dengan bijak, menghindari golput atau golongan putih, dan menyadari bahwa Pilkada merupakan tanggung jawab bagi kita semua. Edukasi ini dilakukan dengan memberikan materi secara langsung kepada masyarakat dan pemberian brosur yang berisikan tips atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjadi pemilih yang cerdas dalam Pilkada 2024.

Sasaran dari program kerja ini adalah seluruh masyarakat di Desa Bawak yang sudah memiliki hak pilih, berusia 17 tahun ke atas, atau sudah memiliki KTP. Pemberian edukasi terkait “Tips Menjadi Pemilih yang Cerdas dalam Pilkada 2024” ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam dunia politik untuk melancarkan Pilkada 2024 yang merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, edukasi ini juga menjadi bawaan bagi masyarakat dalam menjalani Pemilu yang Luber Jurdil atau langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.


Penulis: Kana Kautsar Khadja

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar