Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Memanfaatkan Bahan Alami Serai sebagai Spray Anti Nyamuk

 


digdayabook.com, Sragen, (2/8) – TIM II KKN UNDIP 2024 di Desa Jekani, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, telah melaksanakan Program Monodisiplin Pelatihan Pembuatan Spray Anti Nyamuk Berbahan Dasar Serai. Kegiatan ini dilaksanakan di RT 18 Desa Jekani, berupa pelatihan pembuatan spray anti nyamuk berbahan dasar serai serta pembagian poster yang berisi prosedur pembuatan dan informasi mengenai produk spray anti nyamuk kepada ibu-ibu PKK RT 18 Desa Jekani.

Desa Jekani, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, masih tercatat sebagai desa yang memiliki angka kasus penyakit DBD setiap tahunnya. Bahkan bidan dan kader Desa Jekani mengungkapkan bahwa masih terdapat warga yang terjangkit DBD. Penyebaran nyamuk DBD dapat terjadi pada tempat tinggal yang kebersihan rumahnya kurang terjaga, sehingga menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk DBD. Salah satu penanggulangan untuk menekan dan mengendalikan penyebaran nyamuk ini adalah dengan menurunkan populasi nyamuk, yaitu dengan spray anti nyamuk.

Serai mengandung tiga komponen minyak atsiri, yaitu citronella, citronellol, dan geraniol, yang merupakan bahan aktif yang sangat dihindari dan tidak disukai oleh nyamuk, serta dapat menghambat saraf pusat pada nyamuk.

Pembuatan spray anti nyamuk berbahan dasar serai ini dapat dilakukan di rumah karena bahan yang digunakan sederhana dan mudah ditemukan. Bahan yang digunakan berupa serai, air, dan alkohol. Cara pembuatannya yaitu cuci bersih serai, potong menjadi potongan kecil. Kemudian rebus potongan serai selama 30 menit, lalu dinginkan serai yang telah direbus dan saring. Campurkan alkohol dan air rebusan serai dengan perbandingan 1:3, lalu masukkan ke dalam botol spray. Spray anti nyamuk dari serai siap digunakan.

Kegiatan pelatihan ini memberikan informasi kepada ibu-ibu PKK RT 18 mengenai pengendalian nyamuk penyebab DBD, salah satunya dengan pengenalan dan penggunaan produk spray anti nyamuk alami dari serai. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga mengenai pentingnya pencegahan penyebaran DBD sehingga angka kasus DBD di Desa Jekani dapat mengalami penurunan.

Sumber: Poster Penulis, 2024  


Penulis: Nur Mahmudah – 24030121140171 (Kimia – Fakultas Sains dan Matematika)  

Dosen Pembimbing: Pratamaningtyas Anggraini, S.T., M.T

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar