Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Katalog UMKM dalam Rangka Penjaringan dan Promosi UMKM di Wilayah Setempat

 


digdayabook.com, Jekani, 14 Agustus 2024 – Dinamika perkembangan zaman yang bergerak secara dinamis menimbulkan perubahan yang sangat pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya, aspek yang dipengaruhi oleh perkembangan zaman, terlebih di era digitalisasi saat ini, adalah perihal mata pencaharian. Mencari nafkah demi menghidupi kebutuhan dan keberlangsungan rumah tangga merupakan aspek krusial dalam bertahan hidup; tanpa hadirnya alat transaksi, maka sudah dipastikan kehidupan tidak akan terjamin. Saat ini, mata pencaharian berbasis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sedang marak digencarkan oleh berbagai pelaku usaha dalam mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

Namun, persaingan yang ketat dan cenderung tidak sehat menimbulkan gejolak yang bertendensi ke arah kesenjangan sosial, sehingga UMKM yang tidak memiliki daya saing perlahan akan gulung tikar. Ditambah lagi, era digitalisasi yang kian pesat mengakibatkan para pelaku UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan masing-masing produknya dengan memanfaatkan media sosial melalui gawai atau marketplace yang tersedia di berbagai platform internet.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro melakukan penjaringan UMKM di Desa Jekani, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mempromosikan UMKM yang terdapat di wilayah setempat. Penjaringan ini dilakukan di setiap sudut wilayah Desa Jekani yang terdiri dari 4 Kebayanan dan 30 RT, yang mana masing-masing kebayanan menaungi RT tersebut.

Proses penjaringan tersebut dimulai pada tanggal 30 Juli sampai 2 Agustus 2024, di mana masing-masing dari kami membagi tim agar penjaringan UMKM menyebar secara merata di setiap lingkup kebayanan. Alhasil, setelah proses penjaringan dilaksanakan, terinventarisasi jumlah UMKM yang terdapat di wilayah Desa Jekani berjumlah 30 UMKM. Dari hasil yang sudah terkumpul, terdapat beragam jenis UMKM yang terdapat di Desa Jekani, seperti kerajinan tangan, produksi olahan pangan, jasa, ternak, tani, dan pakaian. 


Sumber: Katalog Penulis, 2024

Adapun hasil dari penjaringan produk UMKM tersebut merupakan katalog atau buku yang memuat informasi mengenai UMKM yang berada di wilayah Desa Jekani. Nantinya, katalog tersebut akan diserahkan ke kecamatan yang pada akhirnya diperuntukkan guna menyemarakkan program UMKM Kecamatan Mondokan, yakni Ekonomi Mondokan Kreatif atau E-MONCER.

Harapannya, melalui katalog tersebut yang difasilitasi dan didukung penuh oleh kecamatan, dapat berguna sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan UMKM sampai lingkup kabupaten, provinsi, hingga nasional. Dengan begitu, usaha dalam mendukung UMKM menimbulkan kesan positif, terutama perihal peningkatan daya saing.


Penulis: KKN TIM II UNDIP 2024  

Dosen Pembimbing: Pratamaningtyas Anggraini, S.T., M.T.

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar