Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Pelatihan Kepenulisan melalui Foto dengan Pemanfaatan Media Sosial di Mts Negeri 5 Klaten

 


digdayabook.com, Klaten (01/08/24 s/d 02/08/24) - Di era digital ini, media sosial tidak hanya menjadi sarana untuk bersosialisasi, tetapi juga menjadi alat yang efektif untuk pendidikan dan pengembangan keterampilan. Salah satu inovasi yang menarik adalah pelatihan kepenulisan melalui foto dengan memanfaatkan media sosial bagi siswa-siswa di MTS Negeri 5 Klaten. Program ini bertujuan untuk mengasah kreativitas serta keterampilan menulis melalui kegiatan yang menyenangkan dan interaktif.


Mengapa foto menjadi wadah untuk melatih keterampilan menulis? karena foto itu bercerita, jadi bisa dengan mudah mengungkapkan perasaan, ide, dan cerita sehingga membentuk sebuah tulisan dari apa yang dilihat dan didapatkan secara visual. Mereka belajar untuk menggambarkan apa yang mereka lihat secara detail, termasuk warna, bentuk, emosi, dan suasana dalam gambar. 


Hal ini memperkaya kosa-kata dan kemampuan deskripsi mereka. Menggunakan foto dalam latihan menulis membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik. Siswa tidak hanya menulis berdasarkan imajinasi mereka, tetapi juga berinteraksi dengan visual yang ada, yang dapat membuat proses belajar lebih menyenangkan dan kurang membosankan.


Pelatihan kepenulisan ini dilaksanakan di MTS Negeri 5 Klaten yang diikuti oleh OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah). Adapun beberapa tahapan pelatihan adalah siswa di berikan materi mengenai kepenulisan, lalu diberikan tugas untuk mengambil foto yang mereka suka dan membuat tulisan tentang foto tersebut, kemudian dipublikasikan.


Kombinasi antara fotografi dan kepenulisan memungkinkan siswa untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang kreatif. Ini juga membantu meningkatkan keterampilan literasi mereka melalui praktik menulis yang menyenangkan. Program ini mengajarkan siswa untuk menggunakan media sosial secara produktif dan bijak. 


Mereka belajar bagaimana memanfaatkan teknologi untuk berbagi karya dan mendapatkan inspirasi dari orang lain. Dengan mempublikasikan karya mereka di media sosial, siswa mendapatkan feedback dan apresiasi dari teman-teman dan masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan mendorong mereka untuk terus berkarya.



Penulis: Anggun Karunia Sejati

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar