Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi terkait Pentingnya Membangun Generasi Anti Korupsi Sejak Dini di MTs Negeri 5 Klaten

 


digdayabook.com, Klaten, 31 Juli 2024 - Korupsi adalah suatu tindakan penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi yang sering kali melibatkan tindakan seperti penyuapan, penggelapan, dan pemerasan. Di Indonesia, korupsi masih menjadi suatu hal yang sering kali terjadi di mana-mana sehingga perlu adanya dorongan bagi generasi muda untuk memberantas korupsi.

Edukasi ini menitikberatkan pada pembekalan terkait bahaya dari korupsi dengan sasaran seluruh siswa dan siswi MTs Negeri 5 Klaten. Edukasi ini dilakukan dengan pemberian materi secara langsung dan juga penyebaran poster pada beberapa titik yang ada di MTs Negeri 5 Klaten.

Korupsi memiliki dampak negatif antara lain dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah atau sesama, meningkatkan kesenjangan sosial, dan melemahkan sistem hukum serta penegakan hukum di Indonesia.

Mengapa kita harus membudayakan anti korupsi sejak dini kepada para siswa dan siswi di MTs Negeri 5 Klaten? Karena hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan etika integritas pada generasi muda. Pendidikan anti korupsi dapat mencegah perilaku korupsi dengan menanamkan nilai-nilai moral dan integritas, serta melibatkan keluarga dan sekolah sebagai mitra. Dengan menanamkan nilai-nilai anti korupsi sejak dini, kita dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan transparan, serta mengurangi dampak negatif korupsi pada generasi yang akan datang.


Penulis: Kana Kautsar Khadja

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar