Kembangkan Kemampuan Desain Grafis: Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Remaja Desa Traji Cara Menggunakan Artificial Intelligence (AI) pada Platform Canva

 



digdayabook.com, Temanggung - Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 menggagas program inovatif dengan melakukan pelatihan desain grafis dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) pada platform Canva di Desa Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis di kalangan remaja desa yang masih kurang familiar dengan AI dan aplikasinya dalam dunia kreatif.

Kecerdasan buatan atau AI saat ini semakin mendominasi berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia desain grafis. Pemanfaatan AI pada platform Canva memungkinkan pengguna untuk membuat desain dengan lebih mudah, bahkan bagi yang tidak memiliki dasar kemampuan desain sekalipun. Melihat potensi ini, mahasiswa dari program studi S1 Sastra Indonesia, Abdul Jawwadi Ahmad, berupaya memberi bekal pengetahuan yang relevan dengan perkembangan zaman melalui program pelatihan desain grafis dengan memanfaatkan AI pada platform Canva.

Pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Traji pada tanggal 7 Agustus 2024 dengan dihadiri oleh 16 remaja yang antusias mengikuti program tersebut. Pelatihan ini dilakukan dengan pendekatan yang sistematis, diawali dengan penyampaian materi dasar desain grafis dan pengenalan AI. Selanjutnya, para peserta langsung diajak untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan menggunakan platform Canva. Praktik langsung dalam pelatihan ini membuat peserta menjadi lebih paham bagaimana cara kerja AI dalam proses pembuatan desain grafis. Platform Canva dipilih karena memiliki fitur-fitur AI yang mudah untuk digunakan dalam membantu pembuatan desain yang berkualitas.

Melalui pelatihan ini, para remaja Desa Traji kini memiliki keterampilan baru yang berguna untuk berbagai keperluan, baik dalam konteks pendidikan maupun pekerjaan. Program pemberdayaan ini diharapkan dapat menjadi contoh konkret yang menunjukkan bahwa pendidikan dan teknologi dapat disinergikan untuk menumbuhkan perubahan positif di tingkat desa.


Penulis: Tim KKN II UNDIP 2024

Editor: Mimin Aya

Posting Komentar