Ikut Serta dalam Tingkatkan Literasi, Mahasiswa KKN UNDIP Terlibat dalam Revitalisasi Taman Baca Masyarakat Komunitas SYAMILA di Desa Ngablak, Kecamatan Wonosamodro

 


digdayabook.com, Desa Ngablak, Kabupaten Boyolali – Rabu, 31 Juli 2024, Komunitas SYAMILA Desa Ngablak, Kecamatan Wonosamodro mengadakan kegiatan rutin santunan anak yatim. Berbeda pada acara sebelumnya, santunan anak yatim komunitas SYAMILA tahun ini dibarengi dengan pembukaan Taman Baca Masyarakat yang berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2023/2024.

Di zaman teknologi yang sudah mumpuni ini, sedari dini masyarakat telah dibekali dengan ponsel pintar. Apalagi beberapa tahun lalu dunia mengalami pandemi Covid-19 yang mendorong seluruh kegiatan sosial dibatasi dan dialihkan ke media online. Hal ini menyebabkan rendahnya minat baca masyarakat beralih pada gadget dan media online. TBM merupakan wadah pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang menyediakan layanan di bidang bacaan yang dilengkapi dengan ruang untuk membaca, menulis, dan kegiatan literasi lainnya.

Kegiatan pembukaan TBM Komunitas SYAMILA dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB di rumah Ibu Sarwini, Dusun Gajihan, Desa Ngablak, Kecamatan Wonosamodro. Kegiatan dihadiri pengurus serta anggota Komunitas SYAMILA, anak yatim-piatu, dan Tim II KKN UNDIP.

Acara dibuka dengan doa bersama dan sambutan, kemudian diisi dengan dakwah oleh Ustadz Juni mengenai keutamaan ilmu. Acara potong pita dan pemberian donasi buku menjadi puncak dari pembukaan TBM Komunitas SYAMILA. Buku bacaan dan alat penunjang literasi diperoleh melalui donasi yang dibuka oleh Mahasiswa KKN UNDIP melalui media sosial Instagram per 24 Juli 2024.

Tujuan utama dari terbentuknya TBM oleh anggota SYAMILA adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Desa Ngablak. Diharapkan TBM Komunitas SYAMILA ini dapat meningkatkan literasi masyarakat dan menyediakan akses informasi kepada masyarakat, baik tua maupun muda. Selain itu, dapat memberikan banyak manfaat bagi semua penggunanya.


Penulis: Talitha Sabiyamarla Tabina

Jurusan: Sastra Indonesia

TIM II KKN UNDIP 2023/2024

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar