Financial Literacy untuk Ibu Rumah Tangga: Sosialisasi Investasi di Dukuh Dawung


digdayabook.com, Candi, Boyolali, 07 Agustus 2024 – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, Wildhan Khoeron dari Jurusan Akuntansi FEB mengadakan penyuluhan terkait pentingnya investasi untuk menarik minat ibu-ibu PKK Dukuh Dawung agar mengenal lebih jauh dunia investasi.

Penyuluhan diawali dengan pembukaan oleh Ibu Yuni selaku Koordinator PKK Dukuh Dawung, yang dilanjutkan dengan pemaparan mengenai pengertian investasi secara sederhana. Peserta yang didominasi ibu rumah tangga ini tampak antusias mendengarkan penjelasan mengenai berbagai jenis investasi, mulai dari yang konvensional seperti deposito hingga instrumen investasi modern seperti reksadana dan saham.

Tidak hanya jenis-jenis investasi, disampaikan juga terkait manfaat yang dapat diperoleh dari berinvestasi. Manfaat-manfaat ini antara lain adalah peningkatan nilai aset, perlindungan terhadap inflasi, dan perencanaan masa depan yang lebih baik. Dengan pemahaman ini, diharapkan para peserta semakin tertarik untuk mulai berinvestasi sebagai bagian dari strategi keuangan keluarga mereka. Selain itu, tips-tips berinvestasi untuk pemula juga dibagikan, seperti pentingnya memulai investasi sedini mungkin, berinvestasi secara konsisten, dan melakukan diversifikasi portofolio.

Tujuan utama dari kegiatan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada ibu-ibu PKK tentang pentingnya investasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, sosialisasi ini juga diharapkan dapat mendorong ibu-ibu PKK untuk mulai berinvestasi demi masa depan yang lebih cerah sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan masing-masing.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan ibu-ibu PKK Dukuh Dawung memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya investasi dalam lingkungan keluarga. Dengan adanya kegiatan penyuluhan seperti ini, diharapkan semakin banyak keluarga yang sadar akan pentingnya perencanaan keuangan yang matang melalui investasi.


Penulis: Wildhan Khoeron  

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar