Ceria Bersama Kata: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Membuat Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Flashcard Interaktif untuk Anak PAUD di Desa Gadingan, Kabupaten Sukoharjo

 


digdayabook.com, Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo – Pada hari Rabu, 24 Juli 2024, Elvita Angelica Setiawan yang merupakan mahasiswi KKN Tim II UNDIP telah melaksanakan program kerja mengenai pembelajaran menggunakan flashcard interaktif untuk anak PAUD Mawar II di Desa Gadingan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan minat dan motivasi anak dalam belajar.

Flashcard interaktif adalah alat pembelajaran yang dirancang untuk menggabungkan aspek visual dan interaktif dalam proses belajar. Flashcard interaktif dapat menjadi metode pembelajaran yang sangat efektif untuk anak-anak PAUD. Mereka cenderung lebih responsif terhadap gambar dan interaksi visual, yang membuat flashcard menjadi alat yang sangat cocok untuk pengembangan kosa kata dan konsep dasar. Hal ini dapat menarik perhatian anak-anak dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan.

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan di PAUD KB Mawar II Desa Gadingan dengan kelompok sasaran anak-anak PAUD di KB tersebut. Kegiatan ini dilakukan pada saat jam pembelajaran di PAUD KB Mawar II yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara tanya jawab seputar isi flashcard yang sudah dibuat. Mahasiswa KKN menunjukkan flashcard yang berisi beberapa gambar dan kata, lalu mengajukan pertanyaan terkait, misalnya, “Angka berapa ini?” atau “Nama hewan ini apa?”. Bagi anak yang bisa menjawab semua pertanyaan dan jawabannya benar akan menjadi pemenangnya.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Tim II KKN UNDIP tidak hanya memberikan kontribusi dalam bentuk media pembelajaran, tetapi juga membangun kapasitas lokal di bidang pendidikan. Harapannya agar inovasi ini dapat diterapkan secara luas dan memberikan dampak positif dalam pendidikan anak usia dini di Desa Gadingan.


Penulis: Elvita Angelica Setiawan

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar