Bantu Atasi Stres, Mahasiswa UNDIP Gelar Psikoedukasi Coping Stress untuk Orang Tua dengan Anak Usia Dini


digdayabook.com, Desa Krobokan, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali (09/08/2024) – Stres merupakan salah satu kondisi yang sering dialami manusia. Kondisi ini merupakan respons dari adanya stresor, yaitu keadaan atau kejadian yang memicu stres, yang mengganggu kemampuan seseorang dalam menanganinya. Kondisi ini dapat terlihat secara fisik, seperti jantung berdegup kencang dan gemetar; secara emosional timbul perasaan cemas, marah, dan kecewa; pada kognitif akan sulit berkonsentrasi dan sulit mengambil keputusan; pada perilaku seperti tidak bisa tidur dan tidak selera makan. 

Pengasuhan anak usia dini menjadi salah satu faktor penyebab stres yang dialami banyak orang tua. Tekanan dan tanggung jawab yang besar dalam mendidik dan merawat anak dapat mengakibatkan beban emosional yang signifikan. Menyadari permasalahan ini, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro mengadakan program dengan judul "Psikoedukasi Coping Stres untuk Orang Tua dengan Anak Usia Dini". 

Program dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Agustus 2024 di PAUD Desa Krobokan dengan dihadiri peserta yaitu ibu dari siswa-siswi PAUD Desa Krobokan. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua mengenai cara mengelola stres yang berkaitan dengan pengasuhan anak usia dini.

Kegiatan terdiri dari dua sesi. Sesi pertama dimulai dari pemaparan materi seputar stres, penyebab, dan cara penanganan stres secara umum. Sesi kedua dilanjutkan dengan praktik relaksasi pernapasan sebagai salah satu strategi menangani stres. Antusiasme terlihat dari peserta yang mendengarkan materi dan mengikuti instruksi relaksasi dengan baik. Dengan dilaksanakannya program ini, orang tua dapat meningkatkan pengetahuan dalam menangani stres yang dialami.


Penulis: Alfi Amalia  

DPL: Ariya Jati, S.S., M.A.  

Lokasi KKN: Desa Krobokan, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar