Asyiknya Belajar Kimia! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Pelajar SMP N 01 Mojolaban untuk Mengenal Ilmu Kimia dan Mengimplementasikan dalam Berbagai Wujud Kehidupan Manusia



digdayabook.com, Sukoharjo [29/07/2024] – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan pembelajaran ataupun pengenalan akan ilmu kimia di SMP N 01 Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini berfokus pada daya tarik pelajar untuk mengenal ilmu kimia dengan tahap level yang sederhana.

Kegiatan ini dilakukan oleh Virgin Cyntia Watania mahasiswi Jurusan Kimia Angkatan 2021 Fakultas Sains dan Matematika yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar mengenai ilmu kimia yang ada di kehidupan manusia.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswi KKN tidak hanya memberikan penjelasan teori, tetapi juga mengajak pelajar untuk melakukan praktik secara langsung. Pelatihan dimulai dengan demonstrasi pada replikasi gunung meletus dan pembuatan eskrim putar. Setiap bahan-bahan yang digunakan akan dijelaskan oleh mahasiswa serta reaksi-reaksi yang terjadi.

Kegiatan pengenalan ilmu kimia ini disambut dengan antusias juga oleh guru-guru dari SMP N 01 Mojolaban, tujuannya agar pelajar dapat berinteraksi akrab dengan para mahasiswa KKN untuk belajar dan bermain bersama.

Pembuatan Eskrim Putar Yang Bersifat Koligatif

Replikasi Gunung Meletus

Pembelajaran ini diharapkan agar para pelajar dapat menekuni ilmu-ilmu sains yang ada, khususnya pada ilmu kimia sehingga dapat terus memiliki keinginan dan belajar bereskperimen kimia yang terjadi di kehidupan manusia. 

Inovasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk dapat memberikan pengajaran yang baik mengenai ilmu-ilmu sains yang sudah dipelajari di mata kuliah kepada para pelajar atau masyarakat.


Penulis: Virgin Cyntia Watania (Mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika – Kimia)

Dosen Pembimbing: Farid Agushyban, S.km., DEA., Ph.D.

Muhamad Azhar, S.H., LL.M.

Maharani Patria Ratna, S.S., M.Hum.

Ed: Mimin Aya

Posting Komentar