Aromaterapi Sereh Wangi untuk Kesehatan

 



Dengan nama lain citronella, merupakan salah satu tanaman penghasil atsiri yang cukup penting di Indonesia. Tanaman sereh wangi memiliki bentuk daun yang lebih lebar dibandingkan dengan sereh dapur. Daunnya membentuk rumpun yang lebih besar dengan jumlah batang lebih banyak. Warna daun lebih hijau tua, batang berwarna merah dan mengeluarkan aroma wangi sedangkan sereh dapur daun berwarna hijau mudah agak kelabu dan tidak menimbulkan aroma wangi.

Kandungan utama yang dimiliki adalah monoterpen alkohol meliputi linalool, geraniol dan sitronelal dari golongan aldehida yaitu sitronelal memiliki aktifitas sebagai analgesik, tonik, antidepresan, menyeimbangkan, stimulansi, efek vasodilator dan hipotensif (Ledy dan Linda 2018).

Aromaterapi mempunyai efek yang positif karena diketahui bahwa aroma yang segar dan harum bisa merangsang sensori dan reseptor yang ada di hidung, kemudian memberikan informasi lebih jauh ke area di otak yang mengontrol emosi dan memori serta memberikan informasi ke hipotalamus, yang merupakan pengatur sistem internal tubuh, termasuk sistem seksualitas, suhu tubuh, dan reaksi terhadap stres.



Aromaterapi merupakan tindakan terapeutik kerana menggunakan minyak yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan keadaan fisik dan psikologi untuk terapi relaksasi, menghilangkan stress dan meningkatkan pikiran (Wijoyo, E. B, 2021)

Tanaman sereh telah terbukti mampu menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf. Sereh memiliki sifat sedatif dan hipnotik yang meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala depresi yang disebabkan oleh kelelahan dan stress (Satria, M, D., 2020)

Peran perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dapat dengan memberikan berbagai terapi non farmakologis salah satunya menggunakan aromatherapy. essential oil yang dihirup akan membuat vibrasi di hidung, dari sini essential oil yang mempunyai manfaat tertentu itu akan mempengaruhi sistem limbik, tempat pusat memori, suasana hati, dan intelektualitas (Satria, M, D., 2020).

 

 

Referensi:

Ledy & Linda. (2018). Pengaruh Masase Kaki Dengan Minyak Sereh Wangi Terhadap Penurunan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Pada Lansia di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Natar Lampung Selatan. Jurnal Kebidanan. Vol 4, No. 2, April 2018: 72-78.

Wijoyo, E. B. (2021). Literature Review: Pengaruh Pemberian Aromaterapi Sebagai Intervensi Asuhan Keperawatan Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Lansia. Jurnal Kesehatan Rajawali, 11(2), 7-10.

Satria, M. D. (2020). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Minyak Sereh Wangi Terhadap Tingkat Stress Lansia Di Panti Wredha Dharma Bhakti Kasih Surakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).

Posting Komentar